RPP KLS IX KURTILAS Smstr Gasal
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP NEGERI 1
WUWRYANTORO
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester
: IX / 1 (Satu)
Materi
Pokok : Iman Kepada Hari Akhir
Alokasi Waktu : 3
Pertemuan (9 JP)
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
KD
|
Indikator
|
1.3
Beriman kepada hari akhir
|
1.3.1 Bersyukur kepada Allah Swt.
Karena hari kiamat belum terjadi.
1.3.2 Meningkatkan ibadah sebagai
bekal kelak di Hari Akhir
1.3.3 Berdoa untuk memohon
pertolongan agar diberikan akhir kehidupan yang baik (husnul khatimah)
1.3.4 Senang membaca kitab suci
al-Qur’an sebagai amal salih untuk bekal di Hari Akhir.
|
2.3 Menghayati
perilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada Hari
Akhir
|
2.3.1 Bersikap dan berperilaku
hati-hati dalam menjalani kehidupan di dunia.
2.3.2 Bersikap dan berperilaku
jujur kepada siapa pun karena menyadari akan tanggung jawabnya kelak di Hari
Akhir.
2.3.3 Berbuat baik kepada orang
lain dan tidak menyakitinya sebagai bekal hidup pada hari akhir.
2.3.4. Tidak iri dan dengki kepada
orang lain karena takut ancaman Allah pada Hari Akhir.
|
3.3 Memahami
makna iman kepada Hari Akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam
sekitar dan makhluk ciptaan-Nya.
|
3.3.1 Menguraikan perngertian
Iman Kepada Hari Akhir
3.3.2 Menyebutkan macam-macam dan
tanda-tanda Hari Akhir
3.3.3 Mengilustrasikan
bukti-bukti bahwa Hari Akhir itu pasti terjadi
3.3.4 Menjelaskan pengertian alam
barzakh, hari kiamat dan berbagai peristiwa yang terjadi pada Hari Akhir.
3.3.5 Membedakan kiamat sughra dan kiamat kubra
3.3.6 Mendeskripsikan
kejadian-kejadian yang dialami manusia pada Hari Akhir.
3.3.7 Mengidentifikasi
tanda-tanda kiamat sughra dan kubra
|
4.3 Menyajikan
dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir.
|
4.3.1 Membuat paparan tentang
gambaan kejadian Hari Akhir disertai dalil naqlinya.
4.3.2 Mempresentasikan paparan
tentang gambaran kejadian Hari Akhir disertai dalil naqlinya.
|
Nilai Karakter
1.
Religius
2.
Jujur
3.
Tanggung jawab
4.
Kerja keras
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
PERTAMA :
Setelah menyelesaikan kegiatan pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
KD 1.3:
1.3.1 Meningkatkan rasa syukur kepada Allah Swt.
karena hari kiamat belum terjadi.
1.3.2
Meningkatkan ibadah sebagai bekal kelak
di Hari Akhir.
1.3.3
Berdoa untuk memohon pertolongan agar
diberikan akhir kehidupan yang baik (husnul khotimah).
1.3.4.
Senang membaca kitab suci al-Qur’an
sebagai amal salih untuk bekal di hari akhir.
KD 2.3:
2.3.1 Bersikap dan berperilaku hati-hati
dalam menjalani kehidupan di dunia.
2.3.2
Bersikap dan berperilaku jujur kepada
siapa pun karena menyadari akan tanggung jawabnya kelak di hadapan Allah pada
Hari Akhir.
2.3.3
Berbuat baik kepada orang lain dan tidak
menyakitinya sebagai bekal hidup pada Hari Akhir.
2.3.4
Tidak iri dan dengki kepada orang lain
karena takut ancaman Allah pada Hari Akhir.
KD 3.3:
3.3.1
Menguraikan pengertian iman kepada Hari
Akhir dengan benar.
3.3.2
Menyebutkan macam-macam dan tanda-tanda
Hari Akhir dengan tepat.
3.3.3
Menguraikan bukti-bukti bahwa Hari Akhir
itu pasti terjadi dengan jelas.
3.3.4
Menjelaskan pengertian alam barzakh,
hari kiamat, dan berbagai peristiwa yang terjadi pada Hari Akhir.
3.3.5
Membedakan kiamat sugra dan kiamat kubra
dengan tepat.
3.3.6
Mendeskripsikan kejadian-kejadian yang dialami
manusia pada Hari Akhir dengan benar.
3.3.7 Mengidentifikasi
tanda-tanda kiamat sughra dan kubra.
PERTEMUAN
KEDUA :
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
KD 1.3:
1.3.1
Bersyukur kepada Allah Swt. karena hari
kiamat belum terjadi.
1.3.2
Meningkatkan ibadah sebagai bekal kelak
di Hari Akhir.
1.3.3
Berdoa untuk memohon pertolongan agar
diberikan akhir kehidupan yang baik (husnul khotimah).
1.3.4.
Senang membaca kitab suci al-Qur’an
sebagai amal salih untuk bekal di hari akhir.
KD 2.3:
2.3.1
Bersikap dan berperilaku hati-hati dalam
menjalankan ajaran agama dan tidak menyalahinya.
2.3.2
Bersikap dan berperilaku jujur kepada
siapa pun karena menyadari akan tanggung jawabnya kelak di hadapan Allah pada
Hari Akhir.
2.3.3
Berbuat baik kepada orang lain dan tidak
menyakitinya sebagai bekal hidup pada Hari Akhir.
2.3.4
Tidak iri dan dengki kepada orang lain
karena takut ancaman Allah pada Hari Akhir.
KD 4.3:
4.3.1
Membuat paparan yang menarik tentang
gambaran kejadian Hari Akhir disertai dalil naqlinya.
PERTEMUAN
KETIGA:
Setelah
menyelesaikan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
KD 1.3:
1.3.1
Bersyukur kepada Allah Swt. karena hari
kiamat belum terjadi.
1.3.2
Meningkatkan ibadah sebagai bekal kelak
di Hari Akhir.
1.3.3
Berdoa untuk memohon pertolongan agar
diberikan akhir kehidupan yang baik (husnul khotimah).
1.3.4.
Senang membaca kitab suci al-Qur’an
sebagai amal salih untuk bekal di hari akhir.
KD 2.3:
2.3.1
Bersikap dan berperilaku hati-hati dalam
menjalankan ajaran agama dan tidak menyalahinya.
2.3.2
Bersikap
dan berperilaku jujur kepada siapa pun karena menyadari akan tanggung jawabnya
kelak di hadapan Allah pada Hari Akhir.
2.3.3
Berbuat baik kepada orang lain dan tidak
menyakitinya sebagai bekal hidup pada Hari Akhir.
2.3.4
Tidak iri dan dengki kepada orang lain
karena takut ancaman Allah pada Hari Akhir.
KD 4.3:
4.3.2
Mempresentasikan paparan tentang
gambaran kejadian Hari Akhir disertai dalil naqlinya dengan baik.
D.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Materi
pembelajaran reguler:
a.
Pengertian
Hari Akhir/ hari kiamat.
b.
Macam-macam
kiamat dan tanda-tandanya.
c.
Bukti-bukti
bahwa Hari Akhir itu pasti terjadi
d.
Pengertian
alam barzakh, hari kiamat, dan berbagai peristiwa yang terjadi pada Hari Akhir.
e.
Pengertian
kiamat sugra dan kiamat kubra
f.
Kejadian-kejadian
penting pada masa Hari Akhir.
g.
Dalil-dalil
naqli dan dalil aqli tentang beriman kepada Hari Akhir.
h.
Dalil-dalil
naqli tentang berbagai kejadian pada Hari Akhir.
2.
Materi
pembelajaran pengayaan:
a. Hakikat beriman kepada Hari Akhir
b. Hikmah beriman kepada Hari Akhir
3.
Materi
pembelajaran remedial:
a.
Pengertian
Hari Akhir/ hari kiamat.
b.
Macam-macam
kiamat dan tanda-tandanya.
c.
Bukti-bukti
bahwa Hari Akhir itu pasti terjadi.
d.
Pengertian
alam barzakh, hari kiamat, dan berbagai peristiwa yang terjadi pada Hari Akhir.
e.
Pengertian
kiamat sugra dan kiamat kubra
f.
Kejadian-kejadian
penting pada masa Hari Akhir.
g.
Dalil-dalil
naqli dan dalil aqli tentang beriman kepada Hari Akhir.
h.
Dalil-dalil
naqli tentang berbagai kejadian pada Hari Akhir. (menyesuaikan materi yang
belum dikuasai siswa setelah dilakukan penilaian)
E.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :Metode
Saintifik.
F.
MEDIA DAN BAHAN
1.
Media
a. Presentasi Power Point
b. Video pembelajaran/Film tentang kejadian bencana alam
c. Laptop/Komputer
d. LCD Projector
e.
Whiteboard/Blackboard
f. Gunting/cutter
2.
Bahan
a. Pensil/Spidol
b. Kertas
c. CD/Flash Disk
d. Bahan-bahan lainnya
G. SUMBER
BELAJAR
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas IX (Buku Siswa) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (halaman 1 - 23).
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs
Kelas IX (Buku Guru) Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (halaman 8 –
24).
Departemen
Agama RI. 2005. Al-Quran
dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI.
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
PERTEMUAN PERTAMA : 3 JP
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh
seorang siswa dengan penuh khidmat.
2)
Guru
memerhatikan kesiapan siswa dan mengondisikan suasana pembelajaran yang
menyenangkan.
3)
Siswa
secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan
materi pembelajaran (Q.S. Al-Baqarah/2: 4; Q.S. Al-Hajj/22: 7; Q.S.
Al-Qariah/101: 4-5; dan Q.S. Al-Zalzalah/99: 1-6) dipimpin oleh salah seorang
siswa.
4)
Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu dengan
cara mealakukan tanya jawab singkat tentang kompetensi tersebut.
5)
Guru
menginformasikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu kompetensi tentang beriman
kepada Hari Akhir dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu
agar kita semua siswa mampu mendeskripsikan iman kepada Hari Akhir.
6)
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu
konsep tentang beriman kepada Hari Akhir dengan berbagai kejadian yang ada pada
Hari Akhir.
7)
Guru
menyampaikan lingkup penilaian, yang meliputi: penilaian sikap, penilaian
pengetahuan, dan penilaian keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1)
Mengamati
a)
Siswa
bersama-sama mengamati gambar-gambar tentang peristiwa bencana alam di buku Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX (Buku Siswa) halaman 1-7 dan
buku-buku lain yang relevan atau melalui video/film tentang berbagai kejadian
tentang bencana alam di Indonesia dan di luar Indonesia.
b)
Siswa
menyimak uraian singkat dari guru tentang berbagai fenomena tentang bencana
alam sebagai bagian dari tanda-tanda datangnya kiamat seperti yang ditayangkan
melalui film/video.
c)
Siswa
membaca dalil naqli tentang terjadinya hari akhir dalam QS al-Hajj/22: 7.
d)
Siswa
menyimak uraian singkat dari guru tentang tanda-tanda terjadinya kiamat sughra
dan kubra.
2)
Menanya
a)
Siswa
dalam kelompok menuliskan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan beriman kepada
Hari Akhir, menyangkut pengertian, macam-macam kiamat, tanda-tandanya, bukti,
peristiwa, dan kejadian-kejadiannya. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis pada
kertas-kertas kecil atau post it.
b)
Siswa
difasilitasi oleh guru memilih atau menyortir pertanyaan-pertanyaan tersebut
yang sesuai dengan materi pembelajaran (Iman kepada Hari Kiamat).
3)
Mengumpulkan
informasi
a)
Siswa
mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam kelompok-kelompok kecil dengan
membaca Buku Siswa Pendidikan
b)
Agama
Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX dan buku-buku referensi lain yang
mengkaji masalah beriman kepada Hari Akhir.
c)
Siswa
mencatat informasi-informasi yang relevan dengan pertanyaan-pertanyaan yang didapat
dari sumber-sumber yang dibaca.
4)
Menalar/
mengasosiasi
a)
Siswa
merumuskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang didapat oleh kelompoknya
masing-masing berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh dari sumber-sumber
yang dibaca.
b)
Siswa
menuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kertas plano atau
kertas folio.
5)
Mengomunikasikan
c)
Siswa
menempelkan kertas yang berisi rumusan jawaban tersebut pada dinding kelas.
d)
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kepada anggota kelompok lain dengan
cara saling berkunjung.
e)
Salah
angggota kelompok menjadi penyaji, sementara anggota yang lain berkunjung ke
kelompok lain untuk mendengarkan dan mengkritisi.
f)
Anggota
kelompok yang berkunjung memberikan apresisasi terhadap hasil kerja kelompok
lain dengan cara menuliskannya pada ketas hasil kerja yang dikunjungi.
g)
Setelah
usai berkunjung ke kelompok lain, siswa kembali ke kelompok masing-masing untuk
menginformasikan hasil kunjungannya kepada anggota kelompoknya yang menjadi
penyaji.
h)
Setiap
kelompok kemudian menyempurnakan jawabannya.
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru
bersama-sama para siswa merumuskan simpulan tentang konsep beriman kepada Hari
Akhir, tanda-tanda kiamat sugra dan kiamat kubra, dan kejadian-kejadian penting
pada Hari Akhir.
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberi
umpan balik serta motivasi agar siswa mengamalkan ajaran kitab suci Alquran
sebagai implementasi beriman kepada Hari Akhir.
3)
Guru
melakukan penilaian dengan tes lisan dan pemberian penugasan.
4)
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan
konseling, dan memberi tugas (pekerjaan rumah/PR) kepada siswa.
5)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya serta
kegiatan pembelajarannya.
6)
Guru
bersama-sama para siswa menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan
salam penutup.
2.
PERTEMUAN KEDUA
a.
Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh
seorang siswa dengan penuh khidmat.
2)
Guru
mengecek kesiapan siswa dan mengondisikan suasana pembelajaran yang
menyenangkan dengan kuis singkat tentang fenomena keislaman.
3)
Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu konsep
beriman kepada Hari Akhir dengan cara menunjuk beberapa siswa untuk menjelaskan
bagian-bagian penting tentang konsep beriman kepada Hari Akhir.
4)
Siswa
secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan
materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang siswa.
5)
Guru
menyampaikan garis-garis besar materi dan kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan.
6)
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran,
yaitu penilaian sikap dengan observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian diri
dan penilaian pengetahuan dengan tes tertulis.
b.
Kegiatan Inti (90 menit)
1)
Mengamati
a)
Siswa
bersama-sama menyaksikan tayangan Q.S.
al-Qori’ah /101: 4-5 yang berisi gambaran hari akhir.
b)
Siswa
menyimak uraian singkat dari guru tentang gambaran hari akhir sebagaimana
dijelaskan dalam Q.S. al-Qori’ah /101: 4-5.
2)
Menanya
a)
Siswa
mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait dengan hari akhir sebagaimana
digambarkan oleh Q.S. al-Qori’ah /101: 4-5.
b)
Siswa
diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan lain yang terkait dengan dalil-dalil
naqli lainnya berhubungan dengan Hari Kiamat.
3)
Mengumpulkan
informasi
a)
Siswa
dibagi menjadi 5 kelompok, masing-masing mengumpulkan informasi gambaran
tentang hari akhir berdasarkan dalil naqlinya, dengan pembagian sebagai
berikut:
• Kelompok 1: Q.S. Az-Zalzalah/99: 1-2
• Kelompok 2: Q.S. az-Zumar/39: 68-69
• Kelompok 3: Q.S. al-Muzzammil/73: 18
• Kelompok 4: Q.S. Yasin/36: 51
• Kelompok 5: Q.S. az-Zalzalah/99:7-8
b)
Siswa
mencari informasi melalui Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMP/MTs Kelas IX dan buku-buku referensi lain yang mengkaji masalah beriman
kepada Hari Akhir.
c)
Siswa
membuat catatan-catatan yang berisi informasi yang relevan.
4)
Menalar/
mengasosiasi
a)
Siswa
membuat paparan yang berisi gambaran hari akhir berdasarkan dalil naqlinya
dalam bentuk paparan power point dengan memperhatikan informasi yang telah
diperolehnya.
b) Siswa menyelesaikan paparan yang
berisi gambaran hari akhir berdasarkan dalil naqlinyadalam bentuk paparan power point.
c.
Kegiatan Penutup (15 menit)
1)
Guru
memfasilitasi siswa merumuskan beberapa simpulan mengenai hakikat beriman
kepada Hari Akhir dan hikmah-hikmahnya.
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan, dan
memberi umpan balik serta motivasi agar siswa selalu berperilaku baik dan
menghindari perilaku tercela untuk menyongsong Hari Akhir.
3)
Guru
melakukan penilaian dengan memberikan lembar kerja berupa tes tertulis dalam
bentuk pilihan essay (uraian) dan siswa secara mandiri mengerjakannya.
4)
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan
konseling, dan memberi tugas (PR) kepada siswa.
5)
Guru
memberitahukan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan
berikutnya, yaitu dengan diskusi kelompok dan praktik membaca Alquran.
6)
Guru
bersama-sama para siswa menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan
salam penutup.
3.
PERTEMUAN
KETIGA
a.
Kegiatan
Pendahuluan (15 menit)
1)
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan mengajak berdoa bersama dipimpin oleh
seorang siswa dengan penuh khidmat.
2)
Guru
mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak siswa
mendengarkan dan menyaksikan lagu religi terkait dengan bencana alam melalui
tayangan video.
3)
Siswa
secara bersama-sama membaca ayat-ayat Alquran pilihan terutama terkait dengan
materi pembelajaran dipimpin oleh salah seorang siswa.
4)
Guru
mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari siswa sebelumnya, yaitu
konsep beriman kepada Hari Akhir dan hikmah yang dapat diperoleh dengan cara
meminta masingmasing ketua kelompok menyampaikannya secara bergantian.
5)
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, yaitu dengan diskusi
kelompok dan praktik membaca Alquran, dan penilaiannya adalah penilaian sikap
dan praktik.
6)
Guru
menyampaikan lingkup dan teknik penilaian, yaitu penilaian sikap dengan
observasi (dalam bentuk jurnal) dan penilaian antarteman, penilaian pengetahuan
dengan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda, dan penilaian keterampilan
dengan teknik kinerja.
b.
Kegiatan
Inti (80 menit)
1)
Mengomunikasikan
a)
Siswa
mempresentasikan paparan yang berisi gambaran hari akhir berdasarkan dalil
naqlinya secara bergantian di depan kelas.
b)
Kelompok
lain memberikan tanggapan atas presentasi kelompok yang lain.
c.
Penutup
(25 menit)
1)
Guru
bersama-sama para siswa merumuskan beberapa simpulan terkait dengan konsep dan
hakikat beriman kepada Hari Akhir dan berbagai cara untuk membaca, menulis,
menerjemah, dan memahami ayat-ayat Alquran dan hadis terkait dengan beriman kepada
Hari Akhir.
2)
Guru
melakukan refleksi atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan
menunjukkan kelebihan dan kekurangannya.
3)
Guru
memberi umpan balik serta motivasi agar siswa mengamalkan ajaran kitab suci
Alquran sebagai implementasi beriman kepada Hari Akhir.
4)
Guru
melakukan penilaian sikap dengan teknik penilaian antarteman, penilaian pengetahuan
dengan teknik tes tertulis, dan penilaian keterampilan dengan teknik kinerja
(praktik membaca ayat-ayat Alquran dan hadis dan menerjemahkannya).
5)
Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut, dalam bentuk remedi, pengayaan, layanan
konseling, dan memberi tugas mandiri (PR) kepada siswa.
6)
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
7)
Guru
bersama-sama para siswa menutup pembelajaran dengan berdoa lalu mengucapkan
salam penutup.
I. PENILAIAN
- Sikap
spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 4
|
Saat Pembelajaran Berlangsung
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
2.
|
Penilaian Diri
|
Lembar Penilaian Diri
|
Lampiran 5
|
Saat Pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran
|
3.
|
Penilaian antarteman
|
Lembar Penilaian antarteman
|
Lampiran 6
|
Saat Pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran
|
- Sikap
Sosial
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 4
|
Saat Pembelajaran Berlangsung
|
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
|
2.
|
Penilaian Diri
|
Lembar Penilaian Diri
|
Lampiran 5
|
Saat Pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran
|
3.
|
Penilaian antarteman
|
Lembar Penilaian antarteman
|
Lampiran 6
|
Saat Pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran
|
- Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Lampiran 7
|
Saat Pembelajaran Berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran
|
2.
|
Penugasan
|
Tugas tertulis
|
Lampiran 8
|
Saat Pembelajaran usai
|
Penilaian untuk dan sebagai pembelajaran
|
3.
|
Tertulis
|
Soal-soal esei
|
Lampiran 9
|
Saat Pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran
|
4.
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
|
Saat Pembelajaran usai
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan
|
- Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Produk
|
Soal keterampilan produk
|
Lampiran 10
|
Saat Pembelajaran Berlangsung/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai dan/atau pencapaian pembelajaran
|
2.
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik hasil dari tugas atau proyek
|
|
Saat Pembelajaran usai
|
Penilaian untuk dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian
keterampilan
|
- Pembelajaran
Remedial
Pembelajaran remedial antara lain
dalam bentuk:
• pembelajaran ulang
• bimbingan perorangan
• belajar kelompok
• pemanfaatan tutor sebaya
bagi siswa yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
- Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis
penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan
pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi (kompetensi)
antara lain dalam bentuk tugas mengerjakan soal-soal dengan tingkat kesulitan
lebih tinggi, meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Mengetahui
Kepala SMP N 1 Wuryantoro
SRI NURYATI, S.Pd,
M.Pd
NIP 19630611
198501 2 001
|
Wuryantoro, 06 Juli 2018
Guru Mata
Pelajaran,
KASMI, S.Ag, M.Pd.I
NIP 19710401 200701 2 013
|
|
|
LAMPIRAN
1: JURNAL SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk:
- Amati perkembangan sikap siswa
menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
- Isi jurnal dengan menuliskan
sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang
negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik
dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan,
perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).
No.
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda Tangan
|
Tindak lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
2: LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√) pada kolom
“Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya bersyukur karena hari kiamat belum terjadi
|
|
|
2.
|
Saya rajin shalat fardu sebagai bekal kelak di Hari Akhir
|
|
|
3.
|
Saya meningkatkan ibadah shalat sunah sebagai bekal kelak di Hari Akhir
|
|
|
4.
|
Saya berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan akhir kehidupan
yang baik (husnul khatimah)
|
|
|
5.
|
Saya senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih untuk bekal
kelak di Hari Akhir
|
|
|
Keterangan:
- Penilaian sikap dengan teknik
penilaian diri dilakukan sekurangkurangnya satu kali dalam satu semester.
- Penilaian diri dilakukan dalam
rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan
salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
LAMPIRAN
3: LEMBAR PENILAIAN ANTARTEMAN SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√)
pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya bersyukur karena hari kiamat belum terjadi
|
|
|
2.
|
Teman saya rajin shalat fardu sebagai bekal kelak di Hari Akhir
|
|
|
3.
|
Teman saya meningkatkan ibadah shalat sunah sebagai bekal kelak di Hari
Akhir
|
|
|
4.
|
Teman saya berdoa untuk memohon pertolongan agar diberikan akhir
kehidupan yang baik (husnul khatimah)
|
|
|
5.
|
Teman saya senang membaca kitab suci al-Qur’an sebagai amal salih untuk
bekal kelak di Hari Akhir
|
|
|
Keterangan:
- Penilaian sikap dengan teknik
penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali dalam satu
semester.
- Sebagaimana teknik penilaian
diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka pembinaan
dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu data
konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
LAMPIRAN
4: JURNAL SIKAP SOSIAL
Petunjuk:
- Pengamatan perkembangan sikap
menggunakan instrumen jurnal dilakukan di setiap pertemuan.
- Pengisian jurnal dengan cara
menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif
maupun yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku
kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang
diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum
menonjol).
No.
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda Tangan
|
Tindak lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
5: LEMBAR PENILAIAN DIRI SIKAP SOSIAL
Petunjuk:
Berilah
tanda centang (√) pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang
sebenarnya.
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya menjaga sikap dalam pergaulan sehari-hari.
|
|
|
2.
|
Saya menjaga perkataan dalam pergaulan sehari-hari agar tidak menyakiti
orang lain.
|
|
|
3.
|
Saya berperilaku kepada siapa pun karena menyadari akan tanggung
jawabnya kelak di hadapan Allah pada Hari Akhir.
|
|
|
4.
|
Saya berbuat baik kepada oran lain dan tidak menyakitinya sebagai bekal
hidup pada Hari Akhir
|
|
|
5.
|
Saya tidak iri dan dengki kepada orang lain karena takut ancaman Allah
pada Hari Akhir
|
|
|
Keterangan:
- Penilaian sikap dengan teknik
penilaian diri dilakukan sekurangkurangnya satu kali dalam satu semester.
- Penilaian diri dilakukan dalam
rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan
salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
LAMPIRAN
6: LEMBAR PENILAIAN ANTARTEMAN SIKAP SOSIAL
Petunjuk:
Berilah tanda centang (√)
pada kolom “Ya” atau “Tidak” sesuai dengan keadaan yang sebenarnya!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Teman saya menjaga sikap dalam pergaulan sehari-hari.
|
|
|
2.
|
Teman saya menjaga perkataan dalam pergaulan sehari-hari agar tidak
menyakiti orang lain.
|
|
|
3.
|
Teman saya berperilaku kepada siapa pun karena menyadari akan tanggung
jawabnya kelak di hadapan Allah pada Hari Akhir.
|
|
|
4.
|
Teman saya berbuat baik kepada oran lain dan tidak menyakitinya sebagai
bekal hidup pada Hari Akhir
|
|
|
5.
|
Teman saya tidak iri dan dengki kepada orang lain karena takut ancaman
Allah pada Hari Akhir
|
|
|
Keterangan:
a.
Penilaian
sikap dengan teknik penilaian antarteman dilakukan sekurang-kurangnya satu kali
dalam satu semester.
b.
Sebagaimana
teknik penilaian diri, teknik penilaian antarteman juga dilakukan dalam rangka
pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya merupakan salah satu
data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
LAMPIRAN
7: SOAL -SOAL TES LISAN
Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar.
No.
|
Daftar Pertanyaan
|
Ket
|
1.
|
Jelaskan pengertian hari akhir!
|
|
2.
|
Sebutkan macam-macam hari kiamat!
|
|
3.
|
Apakah tanda-tanda hari kiamat?
|
|
4.
|
Uraikan bukti-bukti yang menunjukan bahwa hari akhir pasti terjadi!
|
|
5.
|
Sebutkan pengertian alam barzakh!
|
|
6.
|
Identifikasikan
tanda-tanda kiamat kubra yang kamu ketahui!
|
|
LAMPIRAN
8: LEMBAR TUGAS
Petunjuk:
Carilah dalil naqli (al-Qur’an dan hadis Nabi saw.) dengan artinya tentang
berbagai peristiwa yang terjadi pada Hari Akhir dan menuliskannya di buku tugas.
LAMPIRAN
9: SOAL -SOAL TES TULIS
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di
bawah ini dengan jelas.
1. Apa yang dimaksud dengan Yaumul Mahsyar?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
beriman kepada Hari Akhir.
3. Jelaskan dua tanda datangnya hari
kiamat kubra.
4. Kemukakan dua hikmah terpenting
dari beriman kepada Hari Akhir.
5. Tulislah salah satu ayat Alquran
yang menjelaskan tentang datangnya hari kiamat.
6. Apa perbedaan yang pokok antara
surga dengan neraka?
7. Siapakah dua Malaikat Allah yang
bertugas menanyai manusia di alam kubur?
8. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
alam barzakh!
9. Jelaskan tanda-tanda kiamat kubra
yang kamu ketahui!
Kunci Jawaban:
No.
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Soal No. 1
|
|
0 – 1
|
2.
|
Soal No. 2
|
|
0 – 1
|
3.
|
Soal No. 3
|
|
0 – 1
|
4.
|
Soal No. 4
|
|
1 – 3
|
5.
|
Soal No. 5
|
|
1 – 3
|
6.
|
Soal No. 6
|
|
1 – 3
|
7.
|
Soal No. 7
|
|
1 – 2
|
8.
|
Soal No. 8
|
|
1 – 2
|
9.
|
Soal No. 9
|
Terbitnya
matahari dari barat, manusia sudah berbuat maksiat dengan terang-terangan,
semakin sedikitnya orang-orang yang beriman, munculnya dajjal.
|
1 – 3
|
LAMPIRAN
10: INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Petunjuk:
1.
Buatlah
paparan yang berisi gambaran tentang hari akhir berdasarkan dalil naqlinya,
dengan pembagian sebagai berikut:
• Kelompok 1: Q.S. Az-Zalzalah/99: 1-2
• Kelompok 2: Q.S. az-Zumar/39: 68-69
• Kelompok 3: Q.S. al-Muzzammil/73: 18
• Kelompok 4: Q.S. Y±s³n/36: 51
• Kelompok 5: Q.S. az-Zalzalah/99:7-8
2.
Lengkapilah
paparan tersebut dengan deskripsi, gambar, animasi, atau video yang sesuai.
3.
Sajikan
dalam bentuk presentasi menggunakan power point.
Rubrik
Penilaian Produk
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
1.
|
Paparan berisi dalil naqli yang relevan.
|
3 = sangat relevan
2 = relevan
1 = kurang relevan
|
2.
|
Paparan dilengkapi deskripsi, gambar atau video yang sesuai
|
3 = sangat relevan
2 = relevan
1 = kurang relevan
|
3.
|
Menyajikan dengan baik
|
3 = sangat relevan
2 = relevan
1 = kurang relevan
|
Skor maksimum
|
9
|
LAMPIRAN
11: FORMAT PELAKSANAAN DAN HASIL PEMBELAJARAN REMEDIAL
Sekolah :
SMP ………………….
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
IX/Satu
Materi Remedial :
1. …
2.
…
Waktu Pemb. Remedial :
…
Waktu Ulangan Remedial :
…
Ketuntasan Belajar : …
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH
|
KD Yang Tidak Tuntas
|
Bentuk Pembelajaran Remedial
|
Nilai Hasil Remedial
|
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
12: FORMAT PELAKSANAAN DAN HASIL PEMBELAJARAN PENGAYAAN
Sekolah :
SMP …
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
IX/Satu
Materi Pengayaan :
1. …
2.
…
Waktu Pengayaan :
…
Waktu Ulangan :
…
Ketuntasan Belajar :
…
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai UH
|
Bentuk Pengayaan
|
Nilai Tes Pengayaan
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
Semoga bermanfaat
BalasHapus